See PRO editionSee PRO edition
See other templatesSee other templates
  • Last Supper

  • JasonChen
  • songs: 10
  • views: 3735
  • comments: 135
  • Thank You Lord

  • Kris Allen
  • songs: 10
  • views: 3735
  • comments: 135
  • Easter Anthem

  • SnoopDogg
  • songs: 10
  • views: 3735
  • comments: 135
  • Community

  • Kimmese
  • songs: 10
  • views: 3735
  • comments: 135
  • Create Your Playlist

    Phasellus tincidunt, eros ac suscipit pharetra, orci ante blandit mi, id blandit risus urna id tortor.
    Read more

  • Hot CD

    Phasellus tincidunt, eros ac suscipit pharetra, orci ante blandit mi, id blandit risus urna id tortor.
    Read more

  • Play Your Playlist

    Phasellus tincidunt, eros ac suscipit pharetra, orci ante blandit mi, id blandit risus urna id tortor.
    Read more

  • Record

    Phasellus tincidunt, eros ac suscipit pharetra, orci ante blandit mi, id blandit risus urna id tortor.
    Read more

Seri Katekismus Gereja Katholik

 Katekismus Gereja Katolik (dalam bahasa Inggris: Catechism of the Catholic Church) adalah buku penjelasan atau instruksi resmi mengenai iman dan ajaran Gereja Katolik Roma, pertama diadakan pada abad ke II dan pertama diterbitkan setelah mesin cetak diciptakan sesudah zaman Reformasi dan edisi terakhir di Perancis pada tahun 1992 atas permintaan dan saran Paus Yohanes Paulus II. Buku ini telah diterjemahkan ke banyak bahasa lainnya.

Read more

Santa Theresia dari kanak-kanak Yesus dilahirkan di Alemon Perancis pada tgl 2 Januari 1873 dengan nama Maria Francoise Therese Martin. Ia berasal dari sebuah keluarga Katolik yang saleh, pasangan suami isteri Louis Martin dan Azelie Guerin. Ibunya meninggal waktu Theresia masih anak-anak. Sepeninggal ibu Theresia sangat terguncang sehingga Pauline kakaknya terpaksa menggantikan peran ibunya untuk merawat dan memperhatikan perkembangan Theresia.

Theresia sangat disayang oleh ayahnya dan mendapat berbagai julukan seperti “Theresia kecil” atau “Ratu Kecil” dsb. Tahun 1881 sampai 1885 Theresia bersekolah di sekolah suster-suster Benedictin, ia tumbuh menjadi seorang gadis kecil yang sangat perasa dan cepat menangis sehingga kurang akrab dengan teman-teman sekolahnya. Sifat perasa unu semakin menjadijadi ketika Pauline kakak perempuannya masuk biara Carmel di Lisieux tahun1882.

Theresia jatuh sakit karena keberangkatan kakaknya itu, namun ia disembuhkan secara ajaib saat kakak-kakaknya berlutut dan berdoa disamping tempat tidur untuk kesembuhannya, penyakitnya hilang seketika meskipun sifat perasanya masih ada. Sifat perasa itu baru hilang setelah dinasihati oleh ayahnya pada perayaan Natal 1886, semenjak itu ia sadar akan sifat buruknya yang manja dan mudah tersinggung itu. Ia sadar bahwa sifat yang kekanak-kanakan itu sudah tidak cocok lagi bagi seorang remaja puteri yang bercita-cita menjadi suster.

Dalam autobiografi nya, Theresia menyebutkan bahwa kesadaran ini mengawali kehidupannya yang baru, dimana Yesus telah menyembuhkannya dan menghilangkan sifat kepribadiannya yang buruk. Semenjak saat itu ia sadar bahwa dirinya dipenuhi oleh Roh Kudus, ia sadar bahwa ia harus mengabdikan seluruh hidupnya kepada Tuhan. Kerinduaanya untuk bersatu dengan kanak-kanak.

Yesus sangatlah besar dan oleh karena itulah dikemudian hari ia digelari “Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus”. Kepada Yesus ia berjanji tidak akan pernah segan untuk melakukan apa saja yang dikehendaki Tuhan darinya. Betapa bahagia hati Theresia ketika pada umur 12 tahun ia boleh menyambut komuni untuk pertama kalinya. Dihadapan sebuah salib ia berjanji: Yesus di kayu salib yang haus, saya akan memberikan air kepadaMu. Saya bersedia menderita sedapat mungkin agar banyak orang berdosa.

"Mengembangkan Iman Menuju Hidup Sehat dan Sejahtera Dalam Tuhan" Oleh : Pastor Cosmas MSF

MENGEMBANGKAN IMAN MENUJU HIDUP SEHAT DAN SEJAHTERA DALAM TUHAN

 

Seluruh umat Paroki Sta. Theresia Sangatta yang saya cintai dan saya banggakan, juga para pengguna buku ini serta pembaca sekalian.  Pada tanggal 18 Pebruari 2015 yang lalu kita telah memasuki masa khusus dalam liturgi Gereja Katolik yakni Masa Prapaskah yang diawali dengan perayaan Rabu Abu. Dalam perayaan di hari pertama kesempatan retret agung kita ini, masing masing dari kita telah ditandai dengan abu (hasil pembakaran daun palma tahun lalu), tanda pengakuan kita bahwa dihadapan Tuhan Sang Pencipta kita hanyalah debu dan abu belaka namun begitu dikasihinya, tanda sesal dan tobat kita lewat langkah laku yang pantas  agar kita kembali menerima belas kasih dari Allah.

 

Tema APP paroki kita tahun ini adalah : Mengembangkan iman menuju hidup sehat dan sejahtera dalam Tuhan. Tema ini merupakan kombinasi dari  tema APP nasional dan Visi paroki kita . Tema APP Nasional tahun 2015 : mewujudkan hidup sejahtera. Tema ini  dikembangkan lagi oleh Keuskupan regio Kalimantan menjadi ikut membangun kehidupan yang sehat dan sejahtera dibumi Kalimantan. Sedangkan Visi paroki kita saat ini adalah : Paroki Santa Theresia Sangatta merupakan keluarga umat Allah yang bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan iman dan perbuatann dengan mengembangkan pengudusan diri dan sesama dalam doa dan ekaristi, persaudaraan sejati dan pelayanan misioner.

 

Berdasarkan tema app nasional dan visi paroki kita maka fokus kita di APP tahun ini adalah mengembangkan Iman kita ( keluarga umat Allah yang bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan iman dan perbuatan) agar semakin tercipta relasi dan kehidupan yang sehat dan sejahtera  dengan Tuhan dan sesama.Diharapkan relasi yang dibangun dan dikembangkan  dengan dan dalam Tuhan dalam iman ini , tidak hanya berhenti pada tataran pikiran, ide atau rencana tapi harus sampai pada perbuatan kasih, harus sampai pada perwujudan konkritnya. Harus dijaga keseimbangan antara olah rohani dan olah jasmani karena iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati ( bdk Yak.2:14-26)

 

Semoga dengan tekun berelasi dengan Tuhan dalam masa retret agung ini,  dalam kesetiaan berproses dalam merenungkan serta mendalami tema APP paroki kita tahun ini dalam pendalaman App dilingkungan lingkungan kita  dan kelompok kategorial, juga dalam doa doa, dalam pantang dan puasa serta tobat kita, kita semakin mampu meujudkan iman kita dalam tindakan konkrit. Mampu melahirkan pertobatan secara pribadi. Yang memiliki kebanggaan sebagai orang Katolik, yang nampak dalam komitmen untuk menjadi pribadi yang tahu bersyukur, menjadi pribadi yang mau berdoa, menjadi pribadi yang semakin terlibat dan menghargai ekaristi serta yang mampu peduli dan berbagi dengan orang lain. Juga dalam pertobatan bersama dalam lingkungan unutk mewujudkan aksi aksi nyata berupa kepedulian terhadap program program dan kesepakatn serta kegiaan bersama dalam lingkungan dan paroki, dalam kerlibatan menjaga dan menghargai alam ciptaan Tuhan. Memanfatkan tanpa merusak. Secara konkrit dalam doa lingkungan, koor lingkungan, memelihara taman di CCKT maupun dalam kegiatan kegiatan yang telah disepakati bersama sebagai niat atau aksi bersama dalam APP kali ini.

 

Akhirnya, selamat beretret agung, selamat berpantang dan puasa serta bergumul dalam pendalaman APP, serta Selamat Paskah buatmu semua. Mari bangkit bersama Kristus untuk mengembangkan iman menuju hidup sehat dan sejahtera dalam Tuhan.

Selamat bekerja untuk untuk tim fasilitator dan panitia paskah tahun ini dari lingkungan Sto. Fransiskus Xaverius, pengurus DPP, para pastor, suster, frater, pengurus lingkungan dan stasi, orang muda Katolik, Misdinar dan sekami serta semua umat Allah. Terimakasih buat  para  donatur dan penderma.  Tuhan Yesus memberkati kita semua .

 

In Amore Sacrae Familiae

 

P. Cosmas MSF

 

 

Read more

Gema "Nafiri"

 

Product Tour

Santa Theresia Docs

Gereja Katholik Paroki Santa Theresia

Jl Mulawarman- Bukit Batubara Swarga Bara

Sangatta - 75611

Phone : (0549)-21781  Fax (0549)-21781

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Who's Online

We have 12 guests and no members online

Login Form

Toko Nazareth