See PRO editionSee PRO edition
See other templatesSee other templates

APA ITU MASA PRAPASKAH? 

Masa pra-paskah adalah masa pertumbuhan jiwa kita. Kadang-kadang jiwa kita mengalami masa-masa kering dimana Tuhan terasa amat jauh.

Masa Pra Paskah akan mengubah jiwa kita yang kering itu. Masa Pra-Paskah juga membantu kita untuk mengatasi kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mementingkan diri sendiri dan suka marah.

Banyak orang mengikuti retret setiap tahun. Retret itu semacam penyegaran jiwa. Kita membebaskan diri dari segala beban dan segala rutinitas sehari-hari. Tujuannya agar kita dapat meluangkan waktu untuk memikirkan dan mendengarkan Tuhan.

Masa Pra Paskah juga bisa dianggap sebagai Retret Agung selama 40 hari. Yaitu saat untuk mengusir semua kekuatiran dan ketakutan kita supaya  kita dapat memusatkan diri pada Sahabat kita dan mempererat hubungan kita denganNya.

Sahabat itu, tentu saja adalah Tuhan. Kita dapat mempererat hubungan kita denganNya dengan berbicara kepadaNya dan mendengarkanNya. Cara lain yang juga baik adalah membaca bagaimana orang lain membangun persahabatan dengan Tuhan dimasa silam. Kitab Suci adalah bacaan yang tepat atau bisa juga kisah hidup para santo dan santa...

sumber : Catholik online lenten pages: www.catholik.org

(bersambung..)

 

 

 

 

 

SERI KATEKISMUS GEREJA KATHOLIK

1. Bagaimana wahyu Allah yang penuh dan definitif terlaksana ?

Tahap wahyu Allah yang penuh dan definitif terlaksana dalam SabdaNya yang menjadi daging. Yesus Kristus, pengantara dari kepenuhan wahyu. Sebagai Putra Tunggal Allah yang menjadi manusia. Dialah sabda Bapa yang sepurna dan definitif. Dalam pengutusan Sang Putra dan pemberian Roh Kudus, sekarang wahyu Allah menjadi lengkap secara penuh, namun imkan Gereja harus sedikit demi sedikit memahami maknanya yang lengkap selama berabad-abad.

2. Apa Nilai wahyu-wahyu pribadi ?
Walaupun tidak termasuk dalam khasanah iman, wahyu-wahyu pribadi dapat membantu manusia unutk mengidupi imannya sejauh mambawa kita kepada Kristus. Kuasa mengajar Gereja yang mempunyai tugas untuk menilai semacam itu tidak dapat menerima mereka yang mengkalim bahwa wahyu pribadi itu melebihi atau mengoreksi wahyu definitif yaitu Kristus.

3. Mengapa dan dengan cara bagaimana wahyu Illahi diwariskan ?
Allah menghendaki agar manusia diselamatkan dan sampai pada pengetahuan akan kebenaran (1 Tim 2:4), Yaitu Yesus A Kristus Kerena alasan inilah, Kristus harus diwartakan kepada semua menurut perintahNya, "Pergilah dan ajarlah segala bangsa" (Mat 28:19). Dan inidiwariskan Trdisi Apostolik.

4. Apa Tradisi Apostolik itu ?
Tradisi Apostolik adalah pewarisan Kristus yang diturunkan sejak awal Kekristenan melalui Khotbah, kesaksian institusi, ibadah dan tulisan-tulisan yang diilhami. Para Rasul mewariskan apa yang sudah mereka terima dari Kristus dan dari Roh Kudus kemudian terus berlanjut kepada pengganti-pengganti mereka, para uskup dan melalui mereka kepada semua generasi sampai akhir dunia..

5. Mengapa Kitabsuci Mengajarkan kebenaran ?

Karena Allah sendirilah pengarang Kitab Suci, atas alasan inilah Kitab Suci disebut "terinpirasikan", dan tanpa kesalahan mengajarkan kebenaran yang perlu untuk keselamatan kita. Roh Kudus menginspirasi para pengarang yang menuliskan apa yang Dia inginkan untuk mengajar kita. Tetapi, iman Kristen bukanlah "agama Kitab", tetapi agama Sabda Allah- " bukan kata-kata yang tertulis dan bisu, melainkan Sabda yang menjadi manusia dan hidup" (santo Bernardus dari Clairvaux)

6. Apa ciri-ciri iman ?

Iman adalah keutamaan adikodrati yang mutlak perlu bagi keselamatan. Iman adalah anugerah cuma-cuma dari Allah dan tersedia bagi semua orang yang dengan rendah hati mencarinya. Tindakan iman adalah tindakan manusiawi, yaitu tindakan dari intelek manusia - terdorong oleh kehendak yang digerakkan oleh Allah - yang dengan bebas mengamini kebenaran ilahi. Iman juga pasti karena mempunyai dasar pada Sabda Allah, iman bekerja "oleh kasih dan iman berkembang terus menerus dengan mendengarkan Sabda Allah dan doa. Dengan iman, bahkan sekarang ini juga, orang mencecap kegembiraan surga.

7. Mengapa tidak ada kontradiksi antar iman dan ilmu ?

Walaupun iman itu mengatasi akal budi, tidak pernah ada kontradiksi antara iman dan ilmu karena kedua-duanya berasal dari Allah. Allah sendirilah yang memberikan, baik terang akal budi maupun terang iman kepada kita.

8. Mengapa iman itu tindakan pribadi dan sekaligus gerejawi ?

Iman adalah tindakan pribadi sejauh menjadi jawaban bebas pribadi manusiawi kepada Allah yang mewahyukan DiriNya. Tetapi, sekaligus merupakan tindakan gerejawi yang mengungkapkan dirinya dalam pengakuan " Kami percaya". Kenyataannya, Gerejalah yang percaya, dan dengan rahmat Roh Kudus, Gereja mendahului, memmunculkan dan memperkembangkan iman setiap orang Kristen. Karena alasan inilah Gereja adalah Bunda dan Guru.

 9. Apa artinya percaya kepada Allah bagi seseorang dalam praktek hidupnya?

Amini semua kebenaran yang diwahyukan Allah karena Allah adalah kebenaran. Ini berararti percaya kepada satu Allah dalam tiga pribadi yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus.

10. Apa ciri-ciri iman ?

Imati adalah keutamaan adikodrati yang mutlak perlu bagi keselamatan. Iman adalah anugerah cuma-cuma dari Allah dan tersedia bagi semua orang yang dengan rendah hati mencarinya. Tindakan iman adalah tindakan manusiawi, yaitu tindakan dari intelek manusia terdorong oleh kehendak yang digerakkan oleh Allah. yang dengan bebas mengamini kebenaran ilahi.

Iman juga pasti karena mempunyai dasar pada Sabda Allah, iman bekerja "oleh kasih dan iman berkembang terus-meneres dengan mendengarkan Sabda Allah dan doa. Dengan iman, bahkan sekarang ini juga orang mencecap kegembiraan surga.

11. Mengapa tidak ada kontradiksi antara iman dan ilmu ?

Walaupun iman itu mengatasi akal budi, tidak pernah ada kontradiksi antara iman dan ilmu karena keduanya berasal dari Allah. Allah sendirilah yang memberikan baik terang akal budi maupun terang iman kepada kita.

12. Mengapa iman itu tindakan pribadi dan sekaligus gerejawi ?

Iman badi sejauh manjadi jawaban adalah tindakan pribadi sejauh menjadi jawaban bebas pribadi manusiawi kepada Allah yang mewahyukan DiriNya. Tetapi sekaligus merupakan tindakan gerejawi yang mengungkapkan dirinya dalam pengakuan " Kami percaya".

Kenyataannya gerejalah yang percaya dan dengan rahmat Roh Kudus, Gereja mendahulu, memunculkan, dan memperkembangkan iman setiap orang Kristen. Karena alasan inilah Gereja adalah Bunda dan Guru.

13. Simbol-simbol iman apa yang paling penting?

Yang paling penting adalah Syahadat Para Rasul yang merupakan simbol pembabtisan kuno dari Gereja Roma dan Syahadat Nicea-Konstantinopel yang merupakan hasil dari dua Konsili Ekumenis, Yaitu Nicea (325M) dan Konstantinopel (381M); bahkan sampai sekarang, Syahadat ini umum digunakan oleh semua gerja besar Timur dan Barat.

" AKU PERCAYA AKAN ALLAH BAPA YANG MAHAKUASA, PENCIPTA LANGIT DAN BUMI"

14.  Mengapa pengakuan Iman mulai dengan kata-kata :"Aku percaya akan Allah "?

Pengakuan iman mulai dengan kata-kata ini karena peyataan "Aku percaya akan Allah" adalah hal paling penting, sumber dari semua kebenaran yang lain tentang manusia dan dunia, serta tentang seluruh kehidupan orang yang percaya kepada Allah.

15. Mengapa orang mengaku percaya hanya kepada satu Allah?

Kepercayaan kepada satu Allah ini diakui karena Dia sudah mewahyukan DirNya kepada Bangsa Israel sebagai Yang Satu ketika bersabda: "Dengarlah, hai Israel; Allah itu Allah kita, Allah itu Esa" (UI 6:4) dan " tidak ada yang lain " (Yes 45:22).

Yesus sendiri meneguhkan bahwa " Allah kita Esa" (Mrk 12:29) Pengakuan bahwa Yesus dan Roh Kudus adalah juga Allah dan TUhan tidak membawa perpecahan di Allah yang Esa.

16. Dengan nama apa Allah mewahyukan DiriNya ?

Allah mewahyukan DiriNya kepada Abraham, Allah Iskak, Allah Yakub" (Kel 3:6)

Allah juga mewahyukan kepada Musa namaNya yang gaib "Aku adalah Aku (YHWH)" sudah sejak jaman Perjanjian Lama, Nama Allah yang tak terkatakan ini diganti dengan gelar ilahi TUhan. Jadi manakala Yesus disebut Tuhan diperjanjian Baru Ia tampil sebagai benar-benar Allah.

17. Apa Allah itu satu-satunya yang "ada" ?

Karena mahluk menerima segalanya dari Allah, mereka ada dan kepunyaan mereka dari Allah. Hanya Allah dalam DiriNya sendiri merupakan kepenuhan dari yang ada dan dari setiap kesempurnaan Allah itu "Dia yang ada" tanpa awal dan tanpa akhir. Yesus mewahyukan bahwa Ia juga menyandang nama ilahi "Aku ada " (Yoh 8:28)

18. Mengapa pewahyuan nama Allah itu penting ?

Dalam mewahyukan namaNya, Allah memberitahukan kekayaan yang ada di dalam misteri adaNya yang tak terkatakan. Hanya Dia sendirilah yang dari kekal sampai kekal. Dia mengatasi dunia dan sejarah. Dialah yang membuat langit dan bumi. Dia adalah Allah yang setia yang selalu dekat dengan umatNya untuk menyelamatkan mereka. Dialah kekudussan tertinggi. "Penuh dengan belas kasihan" (Ef 2:4), selalu siap untuk mengampuni. Dialah yang spritual, transeden, Mahakuasa, personal, dan sempurna, Dia adalah kebenaran dan cinta.

 

19 Apa artinya mengatakan bahwa Allah Maha kuasa? Allah mewahyukan diriNya sebagai Dia yang kuat, "Dia yang kuasa (Mzm 24:8), sebagai Dia yang bagiNya tidak ada yang mustahil" (Luk 1:37) Kemaha KuasaanNya itu universal, gaib dan yang menunjukkan DiriNya di dalam penciptaan dunia dari ketiadaan dan penciptaan manusia dari cinta, tetapi terutama menunjukkan DiriNya dalam Penjemaan dan Kebangkitan PutraNya, dalam anugerah pengangkatan anak dan dalam pengampunan dosa-dosa. Karena hal inilah, Gereja mengalamatkan doa-doanya kepada "Allah yang mahakuasa dan kekal" (Omnipotens Sempiterne Deus ..") 20. Dengan caa bagaimana Allah mewahyukan bahwa Allah mewahyukan bahwa Dia adalah cinta ? Allah mewahyukan DiriNya kepada Israel sebagai Dia yang mempunyai cita yang lebih besar dari pada cinta orang tua untuk anak-anak mereka 21. Apa artinya percaya hanya akan satu Allah ? Percaya hanya akan satu Allah mengenal keagungan dan kekuasaanNya. Hal ini menyangkut hidup dan rasa syukur dan selalu percaya kepadaNya, sejati seluruh umat manusia, yang diciptakan menurut gambaranNya. Berarti pula menggunakan dengan baik segala sesuatu yang sudah Dia ciptakan. 22. Apakah Pusat mieteri iman dan hidup Kriten ? Pusat misteri iman dan hidup Kristen adalah misteri Tritunggal yang Amat terberkati. Orang Kristen dibabtis atas nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. 23. Dapatkah misteri Tritunggal itu dikenal hanya melalui akal budi manusia saja ? Allah meninggalkan beberapa jejak kehidupan trinitasNya dalam ciptaanNya dan dalam Perjanjian Lama, tetapi kodratNya yang terdalam sebagai Tritunggal Maha Kudus merupakan sebuah misteri yang tidak akan dapat ditembus oleh akal budi manusia saja, bahkan oleh iman Israel sebelum Penjelmaan Putra Allah dan pengutusan Roh Kudus. Misteri ini diwahyukan oleh Yesus Kristus dan ini merupakan sumber semua misteri yang lainnya.

BERSAMBUNG .....

 

 

Login Form