See PRO editionSee PRO edition
See other templatesSee other templates

Bacaan  Mrk 1:1-8

Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. Seperti ada tertulis dalam Kitab nabi Yesaya; "Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagiMu; ada suara orang berseru-seru di padang gurun ; persiapkanlah jalan untuk Tuhan luruskanlah jalan bagiNya" demikianlah Yohanes Pembabtis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibabtis dan Allah akan mengampuni dosamu".

Lalu datanglah kepadanya orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan. Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan. Inilah yang diberitakannya: "Sesudah aku datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan  membuka tali kasutNya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus."

Mengapa sejak Zaman para nabi terdahulu sampai Yohanes, bahkan Yesus menyerukan pertobatan kepada manusia?

Mungkin, kita sudah tuli, atau tepatnya menulikan diri, tidak mau ambil pusing pada kerusakan relasi yang kita buat. Relasi tidak menjadi prioritas yang pertama dan utama bagi kita. Bahkan bisa terjadi kita adalah salah seorang yang berprinsip; tanpa-Mu aku masih bisa hidup.

Kita mungkin berfikir dan berprinsip itu, tapi Tuhan berprinsip lain : " Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternakNya dan menghimpunnya dengan tanganNya". Dan Surat Kedua Petruspun berkata: .... " tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat".

Kita tidak peduli, tetapi DIA peduli pada kita. Mari bertobat. Kita hendaknya meninggalkan cara hidup yang lama dan mulai yang baru.

(ZIARAH BATIN 2014)

Login Form